
VIVA – Head of Public Policy TikTok Indonesia, Muhammad Hilmi Adrianto (dua kiri) dan Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan (kedua kanan) bersama perwakilan dari UMKM mBAKSOimah melakukan sesi live shopping di kegiatan offline ‘Ramadan Berdaya: Jejak Jajanan Nusantara Kemenko PM 2025’ hasil sinergi Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia dengan Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat RI di Jakarta, Rabu 19 Maret 2025. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat RI berlangsung hingga 20 Maret 2025. Di pekan pertama Ramadan 2025, pada kategori Makanan dan Minuman, produk paling laris di Tokopedia antara lain hampers, camilan (makaroni dan puding), serta kurma, sedangkan di TikTok Shop antara lain bahan masakan (minyak goreng dan gula), kue (nastar dan bika ambon), serta kurma. Pelaku UMKM mBAKSOimah (akun: Tokopedia dan TikTok) menjadi salah satu dari jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop, yang mengalami peningkatan penjualan pada momen Ramadan 2025. (VIVA.co.id/M Ali Wafa)